Mengapa Belajar Sirah Nabawiyah?

belajar-sirah

Saat sekarang ini, ditengah wabah covid-19 yang memaksa sebagian dari kita untuk melakukan seluruh aktifitasnya melalui rumah atau dikenal dengan istilah work frome home. Banyak waktu yang bisa kita manfaatkan untuk mengisi hal-hal yang positif, diantaranya membaca, menulis, stalking socmed si dia dan lainnya.

Ketika saya membuka catatan lama, terlihatlah sebuah catatan singkat mengenai Mengapa Belajar Sirah Nabawiyah?

Catatan ini tersimpan rapi dalam sebuah aplikasi Evernote yang tersimpan sejak 23 Agutus 2016, yang mana saat itu saya sedang aktif-aktifnya dalam kegiatan dakwah kampus bersama temen-temen di Bkm Al-Kautsar

Kata Ulama Mengenai Belajar Sirah

Menarik memang jika kita mempelajari Sirah Nabawiah ini dan ternyata para salafushalih (tiga generasi pertama Islam) dan para imam terdahulu senang membaca kisah & mengambil ibroh/hikmah darinya, seperti:

Basyr bin al-Harits al-Hafi mengatakan, “Betapa banyak orang-orang shalih yang telah wafat membuat hati menjadi hidup saat mengingat mereka.” (Ibn al-Jauzi, Shifat ash-Shafwah, II /333).

Imam Abu Hanifah juga amat senang mempelajari kisah-kisah para ulama. Ia berkata, “Kisah-kisah para ulama dan duduk bersama mereka lebih aku sukai daripada menguasai beberapa bab fikih. Itu karena dalam kisah mereka diajarkan berbagai adab dan akhlak luhur mereka.” (Al-Madkhal, I/164).

Nu’aim bin Hammad mengatakan, “Ibnu al-Mubarak biasa duduk-duduk sendirian di rumahnya. Kemudian ada yang bertanya kepada beliau, “Apakah engkau tidak kesepian?” Ibnu al-Mubarak menjawab, “Bagaimana mungkin aku kesepian, sedangkan aku selalu bersama Nabi saw.?” (Ibn al-Jauzi, Shifat ash-Shafwah, I/438). Maksudnya, Ibnu al-Mubarak tidak pernah merasa kesepian karena biasa sibuk mempelajari sirah Nabi saw.

Catatan Penting

Yang perlu dicatat bagi kita adalah bahwa belajar sirah Nabawiyah bukan seperti halnya kita mempelajari sejarah pada umumnya, melainkan tujuan dari belajar sirah Nabi yang agung adalah agar setiap muslim dapat melihat potret agama Islam paling jelas yang terkait dengan hidup Rasulullah saw.

Waallahu''alam