Berapa Biaya untuk Pembuatan Sebuah Blog?

biaya-pembuatan-blog

Rahmat's Blog - Tidak tahu mengapa ingin menulis tentang hal ini, sudah dua hari ini terus-menerus melayang dipikiran saya dan membuat saya pusing. Seperti biasanya, kalau saya pusing, saya akan meluapkannya dalam tulisan. Jika itu bagus maka saya share di blog.rahmatullah.id ini, perihal ada yang baca atau enggak, itu perkara kesekian, hehe

Memang sejauh ini belum ada yang bertanya-tanya ke saya mengenai berapa biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan blog sederhana ini, tapi saya yakin tidak sedikit juga yang ingin mengetahui berapa total yang saya keluarkan untuk pembuatan blog ini.

Saya memiliki beberapa website yang memiliki domain berbayar, diantaranya:

  • https://rahmatullah.id
  • https://hpailangkat.com

Saya akan membahas kedua blog ini saja, mulai dari Domain, Hosting, dan Template

Domain

Saya membeli domain .ID selain sebagai domain top level di Indonesia juga karena untuk menunjukan kecintaan saya kepada Negara Indonesia. (padahal karena belum ada yang pake sih, hehe)

Ketika saya beli domain .ID sedang ada diskon 13% jadi biaya yang dikeluarkan sebesar Rp. 175.000 dengan biaya langganan pertahunnya Rp. 200.000. Kalian bisa berlangganan di Niagahoster. Harga domain termurah untuk .ID dan memiliki pelayanan yang cukup memuaskan.

Domain .COM saya peruntukkan untuk web bisnis saya, karena sesuai dengan kepanjangan dari .COM adalah Commercial. Saya juga membelinya di Niagahoster dengan biaya langganan pertahunnya sebesar Rp. 145.000. Namun, untuk pembelian pertama ketika itu ada diskon 14% jadi dikenakan Rp. 125.000.

Jika kalian punya bisnis, saya rekomendasikan untuk segera berlangganan domain .COM mumpung bulan ini harga pertamanya Rp. 99.000 di Niagahoster

Oia, jika kalian membeli di Niagahoster, jangan lupa untuk memakai kupon saya Rahmatlkt untuk mendapatkan diskon harga, kan lumayan bisa menghemat anggaran.

Hosting

Dikarenakan saya tidak terlalu pandai dalam dunia percodingan, sampai saat ini saya masih menggunakan layanan hosting gratisan melalui blogger untuk kedua blog saya: 

  • rahmatullah.id
  • hpailangkat.com

Jadi tidak perlu memikirkan percodingan dan biaya langganan hosting yang terbilang lumayan menguras isi kantong. Tapi jika kalian penasaran berapa harganya, ada banyak paket pilihan di niagahoster, bisa langsung saja cek di Hosting Murah Niagahoster 

Template

Untuk template, saya menggunakan desainer template yang sudah cukup terkenal di dunia perblog-an, yakni Goomsite.net dan Sugeng.id

Web utama saya yakni rahmatullah.id, menggunakan template dari Goomsite.net dengan nama ProfilevCard.

Harga template ProfilevCard sendiri Rp. 100.000. Sangat cocok untuk menunjukan biografi kalian sekaligus untuk personal branding  

Kemudian, untuk subdomain blog.rahmatullah.id dan hpailangkat.com, saya membelinya di sugeng.id dikarenakan templatenya cocok untuk sharing tulisan dan toko online secara rinci.

Harga template di Sugeng.id memang terbilang lumayan mahal, tapi itu sesuai dengan pelayanan yang diberikan, ada channel telegram khusus member, dan templatenya selalu di update + tutorial penggunaannya juga sangat lengkap dan memudahkan untuk diikuti.

Untuk web saya blog.rahmatullah.id ini menggunakan Template LinkMagz dengan harga Rp. 218.050 (sudah diskon 11%)

Kalian bisa langsung membelinya di Sugeng.id. Namun, sebelum membeli kalian bisa baca terlebih dahulu penjelasan LinkMagz.

Kemudian, untuk template di web bisnis, saya menggunakan Template VioToko dengan harga Rp. 164.650 (sudah diskon 11%).

Total

Berikut adalah total biaya yang diperlukan untuk membuat sebuah blog:

biaya-pembuatan


pengeluaran-pertahun

Dengan biaya yang telah saya tulis diatas, bisa menjadi gambaran bagi kalian yang ingin memiliki sebuah website. Tentu masih banyak cara agar dapat lebih murah dari biaya yang saya keluarkan dalam pembuatan dan pengeluaran website ini. Kalian bisa saja menggunakan harga domain yang relatif lebih murah, bahkan ada yang sampai Rp. 14.000 pertahunnya dan juga template bisa menggunakan yang versi gratis.

Demikian ulasan saya seputar Berapa Biaya untuk Pembuatan Sebuah Blog, jika ada pertanyaan bisa langsung saja tulis di kolom komentar.

Update (26 Mei 2021) 

Kini blog rahmatullah.id dan subdomainnya blog.rahmatullah.id menggunakan template EvoMagz dengan versi terbarunya dari sugeng id, harga templatenya Rp. 215.000 ada diskon 11% jadi Rp 192.034., langsung saja cek Template EvoMagz jika berminat.

Update (28 Juni 2021)

Untuk penggunaan template dari Goomsite.net saya pakai di subdomain baru, yakni: cv.rahmatullah.id. Sedangkan di blog utama saya rahmatullah.id menggunakan template free no copyright dari Jettheme.com

Update (06 September 2021)

Saat ini, semua blog pribadi saya menggunakan template Mauza dari Goomsite.net, untuk harganya $9

Update (10 Oktober 2021)

Untuk blog ini saya kembali pakai template dari Mas Sugeng yakni EvoMagz

12 komentar untuk "Berapa Biaya untuk Pembuatan Sebuah Blog?"

  1. Domain hosting itu penting yah utk sebuah blog??

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk web-web yang diperuntukan untuk bisnis, lebih enak pakai domain dan hosting pribadi bro...

      Hapus
    2. Enaknya gimana bro? Apakah mudah d temukan di mesin telusur? Atw bagaimana bang?

      Hapus
    3. Kalau tujuannya hanya untuk nulis konten artikel tidak untuk bisnis yang memerlukan hosting untuk menyimpan data member guna transaksi yang aman, tidak perlu membeli hosting mas. Membeli domain saja sudah cukup. Apalagi pakai blogger gratis kok kalau cuma mau nulis di blog aja. Hosting numpang blogger. Perlu diperhatikan yaa mas M. Norfahrul kalau mau beli domain! Harus difikirkan matang2, jangan sampai kecewa di belakang karena ngejar beli domain TLD yang murah atau sedang promo.

      Untuk mudah tidak mudahnya konten kita di mesin telusur bisa belajar SEO pelan2 mas. Di google banyak lw mau otodidak, yang berbayarpun uga banyak lw memang masnya mau benar2 menguasai ilmu SEO. Lagi-lagi ilmu SEO adalah hanya salah satunya saja mas teknik yang digunakan untuk mampu bersaing di mesin telusur Google. Yang lain uga perlu diperhatikan. Seperti tampilan blog, konten ori, eksternal link, internal link, dan lain-lain.

      Hapus
    4. Izin mas Rahmat! Maafkan Tom ini yang suka nerocos kadang ga terkendali!

      Hapus
  2. Baru kemarin baca-baca artikel mirip ini, jadi nambah inspirasi untuk nulis yang serupa...hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantul mas.., biar jadi referensi juga buat yang mau bikin web sederhana hehe

      Hapus
  3. lumayan juga ya kalo 2 domain id gitu :o

    BalasHapus
  4. Kalau pingin yang biayanya nggak banyak, numpang hosting di google. maksudnya pakai platform blogspot. Hehehe...

    Tapi, kalau sewa hosting lebih profesional sih. Apalagi kalau pake platform wordpress.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap benar syekale...

      pkai WordPress umumnya untuk bisnis, kalau sekedar nulis2 aja, pake blogspot juga cukup hehe

      Hapus

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik ya..