Tips untuk Selalu Terhubung dengan Pelanggan di Media Sosial

Tips untuk Selalu Terhubung dengan Pelanggan di Media Sosial

Rahmat's Blog - Media sosial adalah cara terbaru bagi kamu untuk mulai menjangkau pelanggan, jika kamu memiliki bisnis kecil. Media sosial dapat menjadi bentuk pemasaran yang sangat membantu kamu menjangkau pelanggan dan terlebih lagi, dapat membantu kamu menjangkau semua orang di jaringan mereka. Dan itu dilakukan secara gratis. Itulah mengapa perlu memusatkan upaya untuk membangun loyalitas melalui media sosial. Berikut adalah beberapa cara kamu dapat melakukannya dengan berkomunikasi dengan pelanggan kamu.

Berikan Informasi yang Layak

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa kamu berbagi informasi yang layak dibagikan. Jika kamu tidak melakukannya, kamu tidak perlu repot menggunakan media sosial sama sekali. Pikirkan tentang penggunaan media sosial kamu sendiri. Apakah kamu mengikuti seseorang yang tidak memiliki apa-apa untuk dikatakan? Apakah kamu membagikan tautan seseorang yang tidak memposting sesuatu yang diminati? Tentu saja tidak.

Itulah alasan mengapa kamu perlu berpikir serius tentang apa yang harus dilakukan di media sosial. Tentu kamu tidak dapat mengharapkan kesuksesan jika tidak tahu alasan mengapa kamu menggunakan situs dalam kapasitas profesional. Jika satu-satunya alasan kamu berada di media sosial adalah karena seseorang menyuruh kamu untuk menggunakan media sosial, itu tidak dihitung sebagai membangun hubungan pelanggan. Kamu perlu kembali ke papan tulis dan memikirkan kembali pelanggan kamu dan bagaimana cara untuk dapat menjangkau mereka.

Adakan Sebuah Kontes

Adakan kontes dan gambar. Semua orang menyukai kontes, dan tidak ada cara yang lebih baik untuk menggairahkan orang selain memberi tahu mereka bahwa kamu akan memberi mereka sesuatu secara gratis. Ini bisa menjadi cara yang menyenangkan bagi kamu untuk mengenal pelanggan kamu. Misalnya, minta mereka memposting video menggunakan produk kamu. Hal itu dapat membuat kamu belajar banyak tentang pelangganmu dengan cara ini, dan mereka tentu akan senang terlibat.

Gunakan ajakan untuk bertindak di semua posting kamu. Minta retweet dan share postingan. Jangan berlebihan, tetapi pastikan kamu selalu memiliki tujuan saat memposting, dan kamu selalu mencari peluang agar pengikut dan penggemar kamu dapat membagikan informasi tentang produkmu.

Retweet dan bagikan informasi kamu sendiri. Jika pengikut dan penggemar kamu memposting hal-hal yang relevan dan menarik, balas budi dan pastikan kamu membagikan informasi itu kepada semua orang. Mereka akan mendapatkan pujian tentu akan lebih bersedia untuk berinteraksi dengan kamu di masa depan.

Minta Feedback

Mintalah umpan balik. Ini bisa menjadi cara yang sangat bagus dan mudah untuk mengetahui apa yang dipikirkan penggemar dan pengikut kamu, dan mereka akan berpikir bahwa kamu ingin mengetahui pendapat mereka adalah hal yang bagus. Banyak perusahaan tidak mau repot-repot melakukan itu, jadi kamu berbeda dari yang lain.

Sekarang setelah membaca artikel ini, kamu harus memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana kamu dapat tetap berhubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan melalui media sosial. Media sosial menawarkan kamu banyak peluang berbeda. kamu hanya perlu dapat memanfaatkan peluang itu sebaik-baiknya, dan jika menggunakan informasi di sini, kamu akan dapat melakukannya.

 

------
Penulis
 
Wahyu Santoso