9 Tips Membaca Banyak Buku yang Perlu Kamu Coba

9 Tips Membaca Banyak Buku yang Perlu Kamu Coba

Rahmat's Blog - Buku adalah jendela dunia, membaca buku dapat menambah wawasan pengetahuan kita. Lebih dari itu, dengan membaca buku kita dapat merasakan apa yang tidak kita miliki bahkan tidak pernah kita alami. Terdapat dua jenis buku, buku non fiksi dan fiksi. Buku non fiksi berguna untuk menunjang pembelajaran. Buku fiksi yang dapat menghibur kita dengan kisah pengalaman orang lain. Keduanya penting dan wajib ada dalam kehidupan sehari-hari kita.

Jadi, sudah berapa buku yang kamu baca minggu ini?

Jangan karena pekerjaan, kamu jadikan alasan untuk berhenti membaca. Ada banyak cara untuk memanfaatkan waktu 24 jam kamu untuk membaca buku. Yuk, simak 9 Tips Membaca Banyak Buku yang Perlu Kamu Coba

Mulai Dulu

Jika ingin membaca banyak buku, langkah awal pastinya dengan memulai membaca. Jangan terlalu lama mendengarkan motivasi. Do it! Cobalah kamu paksakan diri untuk mulai membaca. Dengan begitu, lama kelamaan membaca akan menjadi mudah dan terbiasa. 

Buat Daftar Bacaan

Sudah tergerak untuk mulai membaca namun bingung mulai darimana? kamu dapat memilah-milah buku yang menjadi favorit kamu. Kamu dapat memasukkannya ke daftar bacaan paling atas. Setelah itu, perlahan kamu coba untuk membaca buku tebal.

Membuat Jadwal

Luangkan waktu dan tetapkan jadwal untuk kamu membaca tiap harinya. Meski hanya satu jam, pastikan efektif. Jikalau perlu, kamu dapat memasang alarm untuk menjaga rutinitas membaca.

Selalu Bawa Buku

Jika kamu si super sibuk, pastikan kamu selalu membawa buku yang ingin dibaca. Jika lupa, kamu dapat manfaatkan gawai dan mencari e-book. Di sela-sela menunggu bus atau saat istirahat kamu bisa membaca. Dengan begitu kamu akan cepat menyelesaikan satu buku dan lanjut ke buku selanjutnya dalam daftar bacaan.

Fokus Membaca

Di dunia modern saat ini, setiap orang pasti tidak lepas dari gawainya. Berselancar di media sosial sudah menjadi candu. Saat membaca, pastikan gawai berada jauh dari genggaman kamu. Fokuslah membaca dan capailah target yang sudah kamu tentukan.

Berkomunikasi dengan Buku

Berkomunikasi dengan buku dapat membawa manfaat lebih. Berkomunikasi dengan buku yaitu mempelajari lebih dalam isi buku. Maksudnya, jika kamu ada keraguan dengan opini penulis buku, kamu dapat mencari kebenarannya. Dengan begitu kamu bersemangat untuk membaca dan secara tidak langsung kamu sudah berkomunikasi dengan penulis buku.

Membaca Ulang Buku yang Disukai

Jika kamu telah menyelesaikan daftar buku bacaan, jangan berhenti membaca. Hal itu akan merusak motivasi membaca kamu. Lebih baik kamu mengulang lagi buku yang disukai sampai kamu menemukan buku baru.

Tulis dan Bagikan Pengalaman Membaca

Kamu dapat menulis quotes dari buku dan dibagikan ke media sosial. Teman-teman kamu pasti penasaran darimana kamu mendapat quotes atau kutipan tersebut. Kamu dapat membagikan pengalaman membaca kamu, seberapa menariknya buku itu. Dengan begitu, kamu dapat berantusias untuk dapat membaca lebih banyak buku lagi. 

Bergabung dengan Klub Pecinta Buku

Bergabung dengan klub buku merupakan cara yang paling efektif. kamu akan termotivasi untuk membaca banyak buku. Dengan begitu banyaknya buku bacaan teman-teman klub dapat mendorong semangat kamu.


 

Itulah 9 Tips Membaca Banyak Buku yang Perlu Kamu Coba, semoga bermanfaat buat kamu yang telah membaca dan sebagai pengingat buat admin yang kadang suka masih males-malesan baca :D