Blog Sebagai Investasi: Mungkinkah?

Blog Sebagai Investasi: Mungkinkah?

Rahmat's Blog - Hobi menjadi investasi bukan hal baru, banyak orang mendapat keuntungan dari menggeluti hobi yang mereka lakukan, bahkan tidak sedikit yang pada akhirnya menjadi ladang bisnis utama mereka.

Contohnya hobi berkebun atau bercocok tanam, selain mendapat kepuasan terkadang penghobi mendapat uang yang tidak sedikit dari hasil berkebun atau bercocok tanam.

Contoh lain adalah penghobi ikan cupang yang sedang marak ditengah pandemi, selain untuk kesenangan banyak yang berhasil menjadikan ternak dan jual beli cupang menjadi ladang investasi dan usaha yang mampu memberikan penghasilan.

Tak terkecuali dengan hobi ngeblog, banyak blogger yang berhasil menjadikan blog mereka sebagai ladang pendapatan/investasi, entah sebagai usaha sampingan atau bahkan menjadi full time blogger yang menjadikan aktifitas ngeblog sebagai usaha utama.

Tetapi untuk menjadikan hobi sebagai ladang bisnis maupun investasi bukan perkara mudah, dibutuhkan keahlian dan pengalaman dalam bidang yang digeluti. Blog tidak serta merta dapat menjadi investasi tanpa kualitas yang baik.

Konsisten dalam ngeblog, ilmu dan pengalaman dalam dunia blogging menjadi mutlak dimiliki. Sebagai investasi, blog harus bisa berkembang, salah satu parameternya adalah peningkatan pengunjung (traffick) blog.

Meningkatkan Jumlah Pengunjung

Jumlah pengunjung blog akan terus meningkat jika blog terus dirawat dan dikembangkan, salah satu faktor terpenting adalah menambahkan konten yang banyak dicari oleh pengguna internet. Tentu saja kualitas konten menjadi penting agar bisa bersaing pada mesin pencari.

Selain banyak dicari, konten yang ada harus unik dalam artian konten bukan sekedar hasil menjiplak dari blog atau situs lainnya. Ini sangat penting mengingat konten hasil menjiplak hanya akan merusak posisi SERP pada mesin pencari.

Konsisten Merawat Blog

Kebanyakan Blogger menyerah sebelum berhasil, karena mereka mengejar pendapatan, berbeda jika blog adalah hobi dengan begitu kita dapat kepuasan dalam mengelola blog. Selama blog terus dikembangkan blog akan mendapat popularitas cepat atau lambat.

Blog menjadi investasi ketika blog mendapat popularitas dan banyak pengunjung, untuk mendapatkan penghasilan dengan blog bisa dilakukan dengan banyak cara mulai dari pasang iklan, afiliasi, jualan produk atau jasa dan masih banyak lagi.

Pengunjung Blog

Pengunjung blog menjadi parameter dalam mengukur kualitas blog sebagai investasi, bukan hanya banyak sedikit jumlah pengunjung, banyak faktor lain yang jadi acuan seperti: jenis kelamin pengunjung, minat, letak geografis dan lainnya.

Terlepas dari itu semua peningkatan jumlah pengunjung adalah parameter utama dalam mengembangkan blog sebagai investasi, optimasi dan terus menambah konten menjdi kunci utama agar jumlah pengunjung terus meningkat.

Gimana? Menarik nggak buat ngblog?

 
------
Penulis