Faktor-faktor yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Investasi

Faktor-faktor yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Investasi

Rahmat's Blog - Jaman sekarang di era pandemi Covid-19 sangat banyak aplikasi yang menawarkan berbagai intrumen investasi, namun sebelum kamu memilih untuk berinvestasi, kenali dulu Faktor-faktor yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Investasi supaya kamu bisa mempertimbangkan jenis investasi yang paling cocok untukmu.

Mari kita simak ulasan berikut ini:

Reksa Dana

Minimum investasi reksa dana sangat terjangkau, bisa dimulai dari Rp. 10 ribu. Karena reksa dana terbagi menjadi beberapa jenis (pasar uang, obligasi, saham, dan campuran), risiko dan return-nya bisa rendah hingga tinggi. Misalnya, reksa dana saham memiliki risiko tinggi dan return yang tinggi, sedangkan reksa dana pasar uang berisiko rendah dengan return yang juga lebih rendah. Likuiditas reksa dana juga tinggi karena bisa dicairkan kapan saja dan tidak dikenakan pajak karena bukan objek pajak.

Teman Bibit

Deposito

Produk keuangan perbankan ini memiliki minimum investasi yang lumayan besar, yaitu Rp. 5 juta. Tapi cukup diminati karena rendah risiko bagi orang yang ingin menabung. Bunga yang ditawarkan relatif stabil, meskipun tidak terlalu tinggi. Namun likuiditasnya rendah, karena hanya bisa ditarik sesuai dengan ketentuan jatuh tempo yang disepakati (1, 3, 6, atau 12 bulan). Selain itu, perlu diperhatikan bahwa bunga deposito akan dikenakan pajak yang cukup besar, yakni 20%. Jadi kalau bunga deposito kamu 4%, maka return yang kamu dapatkan setelah pajak hanya 3,2%.

Obligasi

Obligasi ritel memiliki minimum investasi sebesar Rp. 1 juta. Sama seperti deposito, obligasi adalah investasi rendah risiko dengan return berupa kupon yang sudah ditetapkan di awal. Tapi likuiditasnya rendah karena ada jangka waktu investasi yang bahkan lebih lama dari pada deposito (sekitar 2-3 tahun). Pembayaran keuntungan kupon juga dikenakan pajak sebesar 10%.

Saham

Saham dijual dengan harga per lembar dan bisa dibeli minimal 1 lot (100 lembar) mulai dari Rp. 5 ribu/lot*. Hanya saja, perlu diingat kalau saham itu high risk, high return. Berbeda dengan deposito atau obligasi, saham memiliki risiko tinggi karena harganya berfluktuasi setiap hari. Namun likuiditasnya tinggi karena bisa dijual kapan saja pada saat jam perdagangan bursa saham. Investasi saham juga dikenakan pajak final sebesar 0.1 % pada saat melakukan penjualan.

*Untuk saham dengan harga Rp. 50 per lembar

Emas

Dalam berinvestasi emas batangan, kamu harus mempersiapkan dana minimum sekitar Rp. 900 ribu untuk per gramnya. Namun emas menjadi investasi rendah risiko karena harganya cenderung naik di tengah inflasi. Return investasi emas akan semakin meningkat jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Emas juga mudah untuk dicairkan menjadi uang tunai. Tapi di setiap penjualan emas akan dikenakan pajak sebesar 1.5%.

----------

Jadi sekarang sudah paham kan Faktor-faktor yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Investasi?

Bisa disimpulkan kalau reksa dana merupakan paket investasi komplit mencakup saham, obligasi, dan deposito dengan minimum investasi terjangkau yang bisa kamu cairkan kapan saja dan tidak dikenakan pajak.

----------

Daftar Aplikasi Bibit dan Dapatkan Cashback Rp. 25.000

Cek Disini