Naik Turun dalam Investasi adalah Wajar

Naik Turun dalam Investasi adalah Wajar

Rahmat's Blog - Reksa Dana Saham (RDS) dan Reksa Dana Obligasi (RDO) memang lebih berisiko dibanding dengan reksa dana Reksa Dana Pasar Uang (RDPU). Sebab kedua instrumen ini terdiri dari aset saham dan obligasi yang bisa diperjual belikan, sehingga harganya bisa berfluktuasi. Jadi kamu tahu kalau naik turun pada kedua instrumen ini adalah hal yang wajar.

Perdalam Pengetahuan Tentang Investasi

Terus-terusan melihat portofolio kamu yang merah tidak akan membuatnya jadi hijau. Lebih baik kamu perdalam pengetahuan kamu seputar investasi agar semakin yakin dengan pilihan investasi kamu. Saat ini, banyak sekali informasi terkait investasi yang bisa kamu dapatkan. Bibit menyediakan beragam artikel hingga kelas investasi reksa dana yang mudah diakses dan gratis.

Semakin banyak belajar, kamu jadi lebih percaya diri soal investasi dan bisa tidur nyenyak meski portofolio kamu sedang merah. Setelah lebih percaya diri, tentunya kamu nggak perlu terus mengecek portofolio kamu setiap hari karena sudah ada Manajer Investasi (MI) yang bantu kelola dana investasi kamu.

Ingat Kembali Tujuan Investasi Kamu

Saat portofolio kamu merah, jangan langsung menyerah! Kamu bisa ingat kembali tujuan investasi kamu dan evaluasi apakah profil risiko, jangka waktu, dan produk yang dipilih untuk mencapai tujuannya sudah sesuai. Jika portofolio kamu sedang merah dan jangka waktu mencapai tujuan investasi masih panjang, ini jadi kesempatan kamu untuk melakukan pembelian sehingga bisa mendapatkan harga rata-rata unit yang lebih rendah.

Nabung rutin atau strategi Dollar Cost Averaging (DCA) dapat membantu kamu tetap berinvestasi dengan optimal di tengah keadaan portofolio yang merah atau kondisi pasar yang tidak menentu sekalipun. Jadi, sekarang yang bisa kamu lakukan adalah tetap konsisten dan fokus dengan tujuan investasimu.

Selanjutnya, kalau pemilihan produk tidak cocok dengan tujuan keuangannya, kamu bisa melakukan switching reksa dana. Setelah switching, kamu bisa melanjutkan dengan menghitung ulang untuk mengetahui perlu nabung berapa banyak agar bisa mencapai tujuan keuanganmu.

Kesimpulannya, asalkan kamu sudah memilih produk yang sesuai dengan tujuan keuangan, kamu nggak perlu cemas dengan keadaan pasar yang naik turun dan portofolio yang merah karena sudah ada Manajer Investasi (MI) yang bantu mengoptimalkan dana investasi kamu.

Nah, dengan mindset yang benar, kemauan untuk terus mengasah pengetahuan soal investasi dan punya tujuan yang jelas, kamu sudah berada di jalan yang tepat untuk mewujudkan mimpimu!


----------

Daftar Aplikasi Bibit dan Dapatkan Cashback Rp. 25.000

Cek Disini

Post a Comment for "Naik Turun dalam Investasi adalah Wajar"